GAMETOGENESIS PADA MANUSIA PDF

Tempat Terjadi Tumbuhan: pada benangsari dan putikHewan: sel-sel kelamin Gametogenesis pada Hewan dan Manusia Spermatogenesis Oogenesis. Sistem pembiakan manusia biasanya melibatkan persenyawaan dalaman oleh Pada perempuan, gametogenesis dikenali sebagai oogenesis; ini berlaku.

Author: Fenrishicage Tautilar
Country: Serbia
Language: English (Spanish)
Genre: Automotive
Published (Last): 19 April 2009
Pages: 222
PDF File Size: 17.15 Mb
ePub File Size: 4.43 Mb
ISBN: 580-9-54967-413-4
Downloads: 22096
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Shasar

Tahap pematangan, gametosist I akan mengalami tahap pematangan yang berlangsung secara meiosis. Proses ini berlangsung dalam testis buah zakar dan lamanya sekitar 72 hari.

Kemudian oosit primer mengalami meiosis I, yang akan menghasilkan oosit sekunder dan badan polar I polosit primer. Gametgoenesis perubahan bentuk transformasigamet akan berubah menjadi gamet. Manusia mempunyai tahap pembezaan seksual yang tinggi.

Spermiogenesis spermiogensis adalah peristiwa perubahan spermatid menjadi sperma yang dewasa. Selsel Sertoli gametohenesis mensekresi suatu protein pengikat androgen yang mengikat testoteron dan estrogen serta membawa keduanya ke dalam cairan pada tubulus seminiferus.

Sistem pembiakan manusia

Pada laki-laki, spermatogenesis terjadi seumur hidup dan pelepasan spermatozoa dapat terjadi setiap saat Budiyanto, Telofase II kromosom sudah mnusia kromatin kembali, gelendong lenyap, selaput inti dirangkai kembali, bila pembagian sitoplasma merata, akhirnya terbentuklah empat sel yang masing-masing haploid kromatin dalam keadaan monad. LH merangsangsel leydiguntuk menghasilkan hormon testosteron.

  MALPOSICION DENTAL PDF

Sel ini kemudian membelah pada tahap meiosis I menjadi dua spermatosit sekunder.

Pada lelaki, gameotgenesis ini dikenali sebagai spermatogenesis, dan berlaku hanya selepas pubertas dalam tubulus seminiferous testis. Padda terjadi pemisahan, titik-titik pertukara menyatu untuk sementara dan membentuk struktur seperti huruf X kiasma. Lihat Terma-Terma Penggunaan untuk butiran lanjut. Karenanya dalam darah haid selain darah biasa terdapat pula sisa-sisa penghancuran dari jaringan selaput lendir rahim. Pada pria, awal pubertas antara usia 13 sampai 15 tahun terjadi peningkatan tinggi dan berat badan yang relatif cepat bersamaan dengan pertambahan lingkar bahu dan pertambahan panjang penis dan testis.

Pada saat mendekati fase ovulasi atau mendekati hari ke terjadi perubahan produksi hormon. Jumlah yang normal spermatozoa berkisar antara 35 juta, tetapi mungkin pada seseorang hanya memproduksi kurang dari 20 juta, maka orang tersebut dapat dikatakan kurang subur.

Infundibulum berbentuk seperti corong atau fimbria dan menerima telur yang telah diovulasikan. Spermatogonium berkembang menjadi sel spermatosit primer. Pembentukan pasangan bersifat eksak dan titik dmei titik kecuali kombinasi XY.

Sistem pembiakan manusia – Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas

Jumlah akhir kromosom pada pembelahan miosis pertama: Anafase I berciri khas yaitu kromosom tetred berpisah menjadi kromosom diad. Gametogenesis the formation of gametes in animals Gametogenesis although Gametogenesis in males and females is generally the same there are some general.

  EMPIRISMO ERETICO PDF

Pada individu betina, oogenesis hanya menghasilkan gaametogenesis ovum fungsional. Gadjah Mada University Press. Tipe Telur Isolesital Sumber: Hal ini menyebabkan testis terasa lebih dingin dibandingkan anggota tubuh lainnya. Akhirnya, selamam telofase, kumparan kromosom mengurai dan memanjang, selubung nucleus kembali terbentuk, dan sitoplasma membelah. Sperma non motil ini ditranspor dalam cairan testicular hasil sekresi sel Sertoli dan bergerak menuju epididimis karena kontraksi otot peritubuler.

Hormon ini berfungsi merangsang perkembangan organ seks primer pada saat embrio, mempengaruhi perkembangan alat reproduksi dan ciri kelamin sekunder serta mendorong spermatogenesis Budiyanto, Tipe telur ini terdapat pada Insecta.

Pada proses ini akan dihasilkan paea sel spermatozoa, yang masing masing bersifat haploid dan dilengkapi dengan bulu cambuk flagel. Sel-sel ini membelah secara mitosis menjadi dua spermatosit sekunder yang sama besar, kemudian mengalami pembelahan meiosis menjadi empat spermatid yang sama besar. Transformasi atau pematangan Sadler Meiosis and Gametogenesis – and Gametogenesis